HELLO ^_^

Rabu, 09 Mei 2012

Nifas


Nifas merupakan masa pembersihan rahim, yaitu ketika jaringan sisa-sisa plasenta serta dinding rahim dikeluarkan oleh tubuh. Beberapa jam setelah proses persalinan, seorang ibu yang hamil akan mengalami masa nifas yang pada umumnya terjadi kurang lebih selama 6 minggu atau 40 hari. Banyak kesalah-pahaman yang telah beredar di lingkungan kita bahkan di kalangan para penuntut ilmu mengenai darah nifas serta mulai kapan darah yang keluar pada ibu hamil di hukumi sebagai nifas.

Nifas Terjadi Dalam 4 Tahap

Secara umum keluarnya darah nifas pada ibu hamil dapat terjadi dalam 4 tahap. Seminggu pertama masa nifas darah biasanya berupa darah segar yang berwarna merah berbarengan dengan jaringan sisa-sisa plasenta, lemak bayi, lanugo atau rambut bayi, dinding rahim, dan mekonium atau kotoran bayi pada waktu di dalam kandungan. Darah yang keluar pada tahap pertama ini mengandung banyak kuman. Satu sampai dua minggu setelah tahap pertama, darah yang keluar masih berwarna merah akan tetapi berlendir yang disebut lokia sanguelenta.
Dua minggu berikutnya, cairan yang keluar berubah menjadi warna kekuningan. Kandungan cairan ini sekarang adalah jaringan serosa atau sisa pengaruh hormon dan lainnya. Selanjutnya cairan yang keluar berubah lagi menjadi berwarna putih biasa dan bening. Ini normal dan merupakan tanda sudah memasuki tahap pemulihan. Keempat tahapan keluarnya darah nifas pada ibu hamil tersebut di atas memakan waktu sekitar 6 minggu, kecuali jikaa terjadi infeksi.

Nifas: Bagaimana Mencegah Terjadinya Infeksi

Selama masa nifas sangat penting bagi para ibu untuk menjaga kebersihan. Tanpa kebersihan yang benar, infeksi sangat mudah terjadi. Itu juga yang telah menjadi alasan dilarangnya hubungan suami istri selama masa nifas karena sangat dikhawatirkan sisa-sisa kehamilan yang semestinya keluar dari rahim malah kembali masuk ke dalam dan akhirnya menimbulkan infeksi yang tidak diinginkan. Untuk para ibu yang mengalami keguguran, darah yang keluar adalah darah penyakit. Jika seorang ibu mengalami nifas dalam masa empat bulan, tidak dihitung bagi sang suami dan ditambah masa empat bulan tadi dengan masa lamanya nifas.

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar